Mengatasi Kecemasan Diri

Ketidaktauan terhadap suatu perkara menimbulkan kecemasan dan mengurangi kepercayaan diri (Pede). Sudah wajar secara harfiah, mana ada manusia yang begitu gagah beraninya ditengah hutan yang kegelapanya tidak menampakkan cahaya sedikitpun, bahkan anggota tubuh tak keliatan. Tidak salah dengan kecemasan, kembali ke awal, kecemasan yg jadi masalah ialah yg tidak dapat dikontrol dengan baik sehingga imun tubuh merespon secara negatif. Efeknya, panas dingin, gagal fokus, sulit berkonsentrasi, hingga berefek terhadap cita-cita masa depan yg sudah dirancang. Seakan, semua rancana masa depan turut menjadi gelap ditelan kegelapan (Baca: kecemasan) yg berlebih dan out of control.

Tidak dapat dinafikan cara penangan kecemasan oleh setiap orang berbeda, kembali pada pola hidup sebelumnya. Pernah dijumpai rasa cemas ini sebelumnya kan ? Entah itu cemas yang sangat luar biasa atau cemas yg biasa saja. Cemas yg biasa saja mengindikasikan kemampuan diri untuk mengontrol kecemasan, ingat kembali pada waktu itu "apa yg Anda perbuat serta bagaimana Anda mengkondisikan hati, pikiran, dan tubuh?".

Kecemasan bagian dari hidup yg dapat ditangani apabila diri ini mampu untuk mengingat kejadian kecemasan yg serupa. Tidak perlu letih menghadapinya, apapun yg terjadi besok, itulah takdir yg telah dituliskanNya untuk kita. Sebagaimanusia, hidup bukan seberapa cepat, tapi bagaimana Anda menjalani prosesnya!

Komentar