Memahami Bisnis Dengan Baik

Sampai pada titik melakukan pergeseran cara hidup dan cara pandang untuk mewujudkan ibadah terpanjang dalam hidup. Sejauh ini bergelut dengan pendidikan beserta lika likunya, walau disana sini masih perlu ada pembenahan kapasitas diri. Overall, waktu bertahun-tahun dihabiskan dalam dunia pendidikan yang tegas bukan tujuan untuk mengumpulkan harta melainkan pengabdian semata.

Setelah menyelesaikan sidang tesis Magister Pendidikan disuatu instansi Negeri Islam, dihimpit wabah covid-19 yang belum tau kabar kepergiannya mendorong dengan kuat untuk dapat survive secara finansial. Survive secara finansial dalam artian dapat memenuhi kebutuhan diri hingga satu tahun kedepan, ditambah desakan untuk mandiri secara finansial sebagai role model calon suami yang baik menambah girah untuk menggeser bidang ke bisnis atau wirausaha?

Selepas sidang, hampir menganggap waktunya untuk fokus ke bidang lain apakah bisnis atau wirausaha ? Apakah 2 konsonan kata tersebut sama atau berlainan, atau malah bertentangan ? Bagi pemula seperti diri ini, melangkah keranah bisnis atau wirausaha dulu ? Lalu, langkah awal seperti apa yang harus diambil dan dijalani ?

Menurut wikipedia bisnis merupakan suatu kegiatan jualbeli barang atau jasa dengan tujuan mendapatkan laba. Bisnis diambil dari kata Business diserap dari Busy (Sibuk). Apabila dirangkai dalam suatu konsunan kalimat menjadi suatu kegiatan seseorang maupun kelompok orang yang menyibukkan dirinya dalam kegiatan jualbeli barang atau jasa demi mendapat laba. Kegiatan tersebut berfokus satu tujuan "laba" terlepas kegiatan tersebut halal atau tidak, sesuai aturan atau pelanggaran, tertib atau acak. Capaian berupa laba belum menunjukkan sisi nilai didalamnya, oleh karena itu perlu dilandasi suatu nilai agar laba yang didapatkan sesuai dengan nilai yang diyakini dan diteguhkan. Nilai tersebut dapat berupa ajaran Agama atau norma yang berlaku dalam suatu masyarakat, tergantung konteks pebisnis yang melakukannya.

Lalu, bagaimana dengan wirausaha ? Melangsir situs Jurnal Entrepreneur disebutkan bahwa Wirausaha merupakan suatu kegiatan usaha atau bisnis mandiri yang setiap sumber daya dan kegiatannya dibebankan kepada pelaku usaha atau wirausahawan terutama dalam hal membuat produk baru, menentukan bagaimana cara produksi baru, maupun menyusun suatu operasi bisnis dan pemasaran produk serta mengatur permodalan usaha. Wirausaha merujuk kepada kemandirian diri untuk melakukan kegiatan bisnis.

Secara umum terlihat perbedaan antara wirausaha dengan bisnis ditinjau dari ruang lingkup. Apabila wirausaha merupakan suatu kemandirian bisnis atau kegiatan usaha, berarti wirausaha merupakan bagian dari Bisnis. Wirausaha yang merupakan bagian bisnis menunjukkan kekhasan untuk mengerahkan tenaga, upaya, dan pikiran untuk mampu menjualbelikan produk yang dimiliki untuk mencapai laba. Bisnis lebih luas karena penyebutan yang melekat pada dirinya adalah kegiatan jualbeli jasa atau barang, baik itu miliki pribadi maupun orang lain.

Pada tataran definisi tersebut merujuk pada akurasi konversi bidang pendidikan ke bidang bisnis. Berhubung definisi dapat dimengerti dengan baik, selanjutnya melakukan upaya awal untuk menjajaki bidang bisnis. Perlu dipahami, penulis yang memiliki basic pendidikan di organisasi Pelajar Islam Indonesia tidak membiarkan diri memulai dari nol. Cara pandang tersebut mengakar kuat bagi instruktur yang ditelurkan oleh organisasi tersebut. Saya yang semenjak tahun 2015 telah menjadi seorang Instruktur PII harus mengingat prinsip dasar tersebut. Saya tidak perlu mulai dari nol, akumulasi pengalaman selama ini dilakukan konversi juga ke bidang bisnis.

Tindakan konversi tersebut memaksa diri ini untuk mengawali penjajakan bidang bisnis dengan memahami ulang "Apa itu manusia?" untuk menemukan jawaban-jawaban yang berfungsi untuk mencapai satu hal dibidang bisnis, yaitu "Laba". Bisnis tidak pernah lepas dari manusia serta cara pandangnya terhadap barang atau jasa.



Komentar