“Wanita putih tinggal dipantai dan perkembangan teknologi itu aneh”


Pada suatu hari, tepatnya siang hari dan terik matahari aku lihat sesuatu yang aneh, sesuatu yang tidak biasa aku lihat. Ketika dipantai aku liat seorang wanita yang berkulit putih usia diperkirakan 20 tahun ke atas datang menghampiri para nelayan yang sedang mengumpulkan ikan ditepi pantai. Dia datang dan melihat-lihat ikan yang didapat oleh para nelayan. Hal yang membuat dia aneh adalah warna kulitnya, aku terkejut karena ternyata ada wanita yang tinggal di pinggir pantai namun warna kulitnya putih tidak cokelat maupun hitam. Padahal biasanya orang yang tinggal di pinggir pantai berkulit cokelat ke hitam-hitaman karena di pantai itu terik mataharinya bisa membuat perubahan pada warna kulit walaupun hanya sebentar berjemur.

Selain itu, keanehan yang saya dapati itu pada teknologi salah satunya adalah handphone. Handphone dalam bahasa internasional English Language adalah Hand = tangan dan Phone = Telepon. Definisi tentang handphone masih belum diteliti para cendekiawan dalam desertasinya jadi saya mendifinisikannya sendiri. Ketika kata hand dan kata phone disambung menjadilah artinya “telepon genggam”. Handphone ini sebenarnya hanya mempunyai 2 fungsi utama pada awal perkembangannya, yakni sebagai penyampai informasi lewat suara dan penyampai kata-kata lewat sms (padahal sama saja ‘-_- ya  ).  Tetapi dunia terus berputar dan teknologi pun ikut berputar melakukan perubahan, salah satunya perubahan terhadap Handphone. Handphone berubah pada bentuk dan isi yang mana keanehan tersebut mulai muncul.

Keanehannya yakni pada handphone mulai ada konten “musik” (lah kok aneh, jgn2 penulis yg ‘-_- aneh). Keanehan tersebut ialah mulai bertambahnya musik sebagai konten yang dapat memutar musik dalam bentuk Mp3, padahal sebelum ada konten tersebut adalah masa bumingnya kaset tape yang dapat memutar musik di tape recorder (‘-_- penulis pasti lupa lagi nama pemutar kaset tapenya), sehingga penjualan kaset tape turun drastis bahkan sudah tidak payu lagi karena ada handphone berisikan konten musik yang ketika menginginkan suatu lagu tinggal ke toko ponsel minta masukin lagunya. Jika kita cermati lebih mendalam, keanehan tersebut ada pada perkembangan teknologi komunikasi (handphone) menjatuhkan industri yang lain (Kaset tape). Sehingga perkembangan teknologi itu seperti membutuhkan tumbal atau sesajin buat dikorbankan, fenomenal.
Bila lebih dicermati lagi, penulisnya sepertinya yang aneh ^_^

Komentar